Asal Usul Suku Nias

Menurut masyarakat Nias salah satu mitos asal usul Nias berasal dari sebuah pohon kehidupan yang disebut “Sigaru Tora’a” yang terletak disebuah tempat yang bernama “Teteholi Ana’a” menurut mitos tersebut diatas menagatakan kedatangan manusia pertama ke Pulau Nias dimulai pada zaman raja Sirao yang memiliki 9 orang Putra yang disuruh keluar dari Teteholi Ana’a karena memperebutkan Takhta Sirao, ke 9 putra itulah yang dianggap menjadi orang-orang pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Nias.


Menurut Mitologi

Asal-usul suku Nias berasal dari sebuah pohon kehidupan yang disebut “Sigaru Tora`a” yang terletak di sebuah tempat yang bernama “Tetehöli Ana’a”. Menurut mitologi tersebut mengatakan kedatangan manusia pertama ke Pulau Nias dimulai pada zaman Raja Sirao yang memiliki 9 orang Putra yang disuruh keluar dari Tetehöli Ana’a karena memperebutkan Takhta Sirao. Ke 9 Putra itulah yang dianggap menjadi orang-orang pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Nias.


Menurut Penelitian Ilmiah

Penelitian ilmiah terakhir yang dilakukan untuk mengetahui asal-usul masyarakat suku Nias adalah penelitian Deoksiribo Nukleat Acid (DNA). Penelitian ini dilakukan oleh dua peneliti asal Belanda, yakni ahli genetika Professor Ingo Kennerknecht dari University of Münster, Jerman, dan Mannis van Oven, mahasiswa S-3 bidang Biologi Molekuler Forensik, Erasmus MC-University Medical Center Rotterdam, Belanda.


Professor Ingo Kennerknecht mengumpulkan 407 sampel darah atau air liur orang Nias dari 11 klan atau marga yang tersebar di Nias bagian Utara, Tengah hingga Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dalam kurun waktu tahun 2002 dan 2003. Sampel kemudian dikirim ke laboratorium di Jerman untuk ekstraksi DNA, lalu ekstraksi DNA tersebut dibawa ke Rotterdam untuk selanjutnya dianalisis.oleh Professor Ingo dan Mannis Van Oven.



Dari hasil penelitian ini, Mannis Van Oven menduga orang Nias mewarisi gen mereka dari orang Taiwan yang bermigrasi ke Indonesia melalui Filipina menuju Kalimantan dan Sulawesi. Rute ini didukung bukti kemiripan DNA suku Nias dengan penduduk Filipina. Orang Nias kemungkinan besar berasal dari Taiwan sekitar 4000-5000 tahun yang lalu.


Comments are closed.

PROFIL SAYA

tembak4d



Juni 2020
S S R K J S M
« Mar    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Komentar Terbaru



    Analytic Code